#9 WELCOME TO PRESIDENT UNIVERSITY


Hello, guys.

Long time no see ya blog. Ngomongin tentang postingan blog, terakhir kali gue posting itu H-27 sebelum UN ya. Tbh, i was wrote about my high school graduation story but i have no time to posting it. Yaa in the end, cuma jadi draft doang.

Alasan kenapa gue nggak posting itu draft karena gue harus focus on my SBMPTN since i was failed in SNMPTN. Tapi di SBMPTN ternyata failed juga. Lol so sad ya. NO FLASHBACK! It hurts me a lot. Hehe. Okay, saat itu gue memutuskan buat ngelanjutin study gue di President University tentunya dengann special scholarship. YEY. Haha. Btw, gue mahasiswi di PresUniv majoring in Business Administration Batch 2015.

Simpelnyaaa, di postingan kali ini gue bakal jelasin tentang PresUniv as my beloved campus. EAK.



Ah ya fyi, this is the first day of my university life loh. YEEEY! I'm here with a new major. New friends. New lecturers. Overall it’s about new environment. At all.

Back to topic ya. Buat sebagian orang yang belum ngerti President University (PresUniv), respon mereka kalo denger PresUniv be likeee......
  
“President University, universitas buat jadi presiden ya?”
“President University di mana sih?”
“President University? Nggak pernah denger. Kampus baru ya?”

Kalo yang udah pada ngerti ya responnya be likeee......

“Oh itu kampus yang kuliah bayarannya mahal banget itu ya?”
“Wihh, anak orang kaya nih kuliah di situ.”
“Jago speak english ya.”
“Mahal banget loh di situ, sekalian ke luar negeri aja.”

Well, whatever they want to speak up about PresUniv. The most important thing is gue seneng kuliah di sini. Ntap.

Di sini gue bakal jelasin PresUniv dari pandangan umum ya, gue nggak akan njelasin tentang akademiknya entah itu fakultas, major, or something like that. 

So, 

PresUniv adalah President University. *You don’t say, Dels.* Okay, PresUniv adalah universitas berstandar Internasional yang letaknya di Jababeka Education Park, tepatnya di kawasan Industri terbesar di Asia Tenggara. Jangan heran ya kalo pertama kali sampe sini di kanan-kiri jalan pemandangannya cuma pabrik.

Banyak orang bilang, PresUniv adalah kampus termahal. Okay, itu emang bener adanya. Nggak bisa dipungkiri lagi kalo biaya kuliah bagi (sebagian besar) mahasiswa di PresUniv itu mahal. But, it depends on you sih. Kalo lu ikut yang jalur reguler ya emang mahal. Btw, gue juga jarang tuh bahkan nggak pernah denger mahasiswa ngeluh sama biaya kuliahnya. Wkwk. Lagian di PresUniv ada scholarship program kok, yang bisa ngeringanin biaya kuliah kalian. Gue salah satu yang ikut scholarship program. Kalo gue saranin ya, lo kudu bisa masuk beasiswa kategori 1, karena itu bisa bebas biaya sampe lo lulus nanti. Gratis, bro. Jadi ya, enjoy lah masalah biaya.

Nah masalah total waktu kuliah di PresUniv itu cuma 3 tahun 6 bulan (10 semester). Di mana tiap semesternya itu around 3-4 bulan. Beda sama PTN yang rata-rata 4 tahunan ya, yang tiap semesternya itu 6 bulan. Lama banget kan? Haha. Enaknya PresUniv tuh gitu, cepet lulus di saat temen-temen lo yang lain masih kuliah. Tapi, di PresUniv lo jangan ngarep bakal libur nyampe 2 bulan di setiap semester breaknya ya, ini nih yang bikin lama kuliah. Gue pikir kalo kebanyakan libur juga, hari-hari kuliah lo banyak yang bolong. Nunda lulus. Kaga enak.

Kuliah 3 tahun 6 bulan di PresUniv itu udah termasuk pengalaman kerja loh. Karena di semester 8-9 kita bakal ngejalanin yang namanya Internship Program. Nah kalo perusahaan tempat kita magang itu suka sama cara kerja kita, otomatis setelah kita lulus nanti kita bakal kerja di perusahaan itu. Dan PresUniv itu banyak banget koneksi perusahaan gede di dalam dan di luar negeri. Ini nih yang jadi nilai plus buat PresUniv.

Well, PresUniv itu kampus yang international environment banget. Kuliah di sini, kalian dilatih buat always speak english. Anak-anak yang masuk sini nggak semuanya lancar speak english. Banyak senior yang cerita gitu, awal masuk englishnya nggak ada apa-apanya, tapi setelah beberapa lama udah main lancar aja kayak bule. Kuncinya ya, always speak english. Inget aja sih, kita lagi di jaman di mana english itu penting di dunia kerja sekarang. Percuma ya, kalo punya kemampuan lebih tapi nggak menguasai english. Banyak loh universitas yang ngakunya internasional tapi englishnya setengah-setengah, beda sama PresUniv yang bener-bener english dipake buat bahasa pengantar. Nilai plus lagi buat PresUniv.

         Masalah pergaulan, di PresUniv juga banyak banget anak dari luar Jawa. Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Lombok, dan masih banyak banget. Dan nggak cuma dari Indonesia aja, banyak juga foreign student dari beberapa negara. Asik nih kalo sekelas sama foreign student. Di sini gue nggak ngerasain jadi kaum minoritas. Di sini kita berteman antar agama, suka, ras tanpa rasis. Cuma kalo masalah ngumpul, wajar sih misal foreign dari China ngumpul sama sesama foreign China, Vietnam sama Vietnam, biasa lah itu.

           Ngomongin tempat tinggal, PresUniv sendiri nyediain dormitory (asrama). Buat semua freshmen, kita diwajibin buat tinggal di dormitory/dorm selama satu tahun. Area dorm dari kampus nggak jauh, kalo jalan kaki cuma ditempuh sekitar 10 menitan. Dan di area dorm, disediain saung-saung yang biasa dijadiin mahasiswa/i buat tempat belajar, nge game, kumpul, curhat, dll. Masalah security jangan diraguin lagi lah, bener-bener 24/7.

           Nah, buat makan sehari-hari. Banyak yang jual makanan kok di area dorm. Kita bisa beli makan di warteg, warung di riverside, city walk, food court, atau kalo mager jalan jauh-jauh bisa lah delivery makanan, iya di sini ada yang nyediain makanan delivery yang harganya terjangkau, maksimal aja 13k. 

             Buat hiburan, gue belum terlalu tau tempat yang enak buat hang out. Kalo mau shopping sih bisa tuh ke Giant, Lippo Mall, ya masih banyak sih selain itu cuma karena gue maba ya belum ngerti daerah sini.

Apalagi yaa, udahan kali ya buat cerita PresUniv secara umumnya. Tanya lebih bolehlah ke twitter gue aja @delsiulfayani. Jujur gue ngepost ini ya karena gue pengin aja, nggak ada niat maksa kalian (yang lagi galau mikirin Perguruan Tinggi) buat masuk PresUniv. Menurut gue pribadi, it’s okay lah kalian memperjuangin PTN atau PTK dulu. Nggak dapet PTN/PTK, dan beralih ke PTS ya nggak apa atau mau nunggu setahun lagi juga ya nggak apa, terserah.

Well, sekarang nggak jaman kali, gede-gedean/ keren-kerenan nama kampus. Gini ya, percuma gede-gedean nama kampus kalo lo nggak bisa tanggung jawab sama perkuliahan lo. Jaman sekarang juga yang diliat mah, selesai lulus kuliah lo kerja apa kaga. Banyak lulusan sarjana yang kesusahan nyari kerja. Gue di sini, nggak jelek-jelekin pihak mana aja dan bukan karena gue ngerasa gimana-gimana setelah ditolak beberapa PTN. Gue cuma mau coba jadi open-minded aja sih. Wkwk.

President University, Red and Blue Forever True!

Gue, Delsi Ulfayani. Sekian. Terima kasih.

30 comments:

  1. Kak, waktu itu kakak kan dpt beasiswa, trus masih ada biaya lainnya diluar biaya dorm dan jaminan ? Di tahun berikutnya

    ReplyDelete
  2. Biaya dorm nya berapaan kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi, anonymous. whoever you are.

      thank you for the question ya! but sorry, I'm a lil' bit forget bout that bcs there is some changes on it. hehe.

      Delete
  3. Kak biaya hidup disana mahal gak? Pergaulan nya high class atau ada yang biasa juga kak? Kak kalo koskosan di dekat presuniv adajuga ga kak?

    ReplyDelete
  4. Kak biaya hidup disana mahal gak? Pergaulan nya high class atau ada yang biasa juga kak? Kak kalo koskosan di dekat presuniv adajuga ga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biaya hidup still affordable sih. pergaulan? biasa aja hehe. untuk kos-kosan ada kok, mulai tahun kedua udah bisa ngekos :)

      Delete
  5. Replies
    1. WKWKWKKW haduh thasya stalking blogku gini kan *embarrassed*

      back to ur question yak. buat info reader yang lain :)

      PUSC itu President University Student Council. sebuah highest legal organization di PU. kalo di univ lain sebutannya Senat Mahasiswa. PUSC is like a bridge between management and students. ada beberapa commission/division di dalamnya.

      - Chairperson
      - Vice Chairperson
      - Secretary
      - Treasurer
      - Commission 1 (dealing with Academic terms)
      - Commission 2 (dealing with Campus Facilities)
      - Commission 3 (dealing with Dormitory Life)
      - Commission 4 (dealing with Events and Activities)
      - Public Relation and Multimedia

      you can get more know about PUSC through the official website:

      http://www.pusc.or.id/

      Delete
  6. Halo kak, jd aku dpt beasiswa 2. Yang artinya harus bayar 9juta/semester. Jadi kak aku mau nanya. Inikan udh pengumuman dan katanya suruh bayar gitu iang prakuliah paling lama januari 2017. Nah jadi aku masih bingung soalnya snmptn bulan februari setelah itu aku bakal tes sbmptn juga. Katanya kalau tidak dibayar apa kita sama aja kyk mengundurkan diri?
    Aku pilih unpres kalo seandainya gk lulus sbmptn.
    Jadi dilema ni kak
    maaf curcol dan banyak tanya ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nurlaily..
      Kamu mau masuk presuniv untuk periode 2017/2018 kan ya?
      untuk biaya dormnya berapa ya setiap bulannya?

      Delete
    2. ^bntu jawab
      kalau utk sharing room tiap semester 5.800.000, tiap tahun 15 950.000, kalau yg single room per tahunnya 31 900.000

      Delete
    3. Haloo
      Ngambil presuniv juga buat kuliah?

      Delete
    4. Haloo
      Ngambil presuniv juga buat kuliah?

      Delete
  7. kak, sya dpt kategori II itu bererti sya harus bayar 9jt/sem, ditambahlagi biaya dormitory, yg mau aku tanyakan, boleh gak kita nggak tinggal didormitiry?? soalnyha mahal banget, terus dsna ada biaya tmbahan nntii klo massa? kuliah nggak kak?

    ReplyDelete
  8. kak, saya juga dapet kategori 2. karna masih harus bayar 9jt/smt jadi bingung. nanti masih banyak gk kak biaya yang harus dikeluarin pas udah jalanin masa kuliah nya ? buat magang itu kita harus bayar mahal juga ?

    ReplyDelete
  9. kaa biasanya kalau ikut test keluar hasilnya berapa lama kemudian?

    ReplyDelete
  10. Kak, klau dapat beasiswa tingkat 1, apakah ipknya harus 3,?
    Klo dpt beasiswa 1, sedangkan ipknya turun apakah beasiswanya dicabut?

    ReplyDelete
  11. Kalau mau ngecek pengumumannya dimana yah ??
    kami sdh ujian tgl 5 februaRY kemrin..

    ReplyDelete
  12. ko semua kaya rata2 dapat yg 9jt/semester gitu yaa.apa emang pukul rata semua tuh penilai annya?

    ReplyDelete
  13. Hi, anakku diterima Beasiswa 2 dan mau masuk 5 Agustus ini. Dia ambil jurusan IT. Btw, dia dapat pilihan tetap di PU or ambil jalur non-test. Dia mantap ambil PU. Sukses buat semua ya :)

    ReplyDelete
  14. Numpang promo min. Untuk mahasiswa yg butuh kontrakan yg nyaman. Ac wifi lemari kasur disiapkan lokasi cikarang baru kedasih silahkan hub hp/wa 08788618831. Thanks

    ReplyDelete
  15. Kalo yang udh pernah kuliah bisa ikut program scholarship?

    ReplyDelete
  16. Kak apakah kita bisa cari kerja paruh waktu di PresUniv?

    ReplyDelete
  17. Kak tugas" kuliahnya itu bahasa inggris semua yah?

    ReplyDelete
  18. Terima kasih sudah membuat tulisan ini.

    ReplyDelete
  19. Terima kasih sudah membuat tulisan ini.

    ReplyDelete

Hai, pembaca! Terimakasih udah berkunjung ke blog ini dan berminat buat baca postingannya. Demi kesejahteraan bersama, alangkah baiknya kalo kalian meninggalkan jejak, berupa komentar. Karena komentar kalian bagaikan nutrisi untuk penulis. Mohon untuk berkomentar dengan seperlunya saja. Sekian.

Salam,

Delsi Ulfayani