Tipe-Tipe Murid Menjelang Ulangan


Seneng kalo ketemu doi pas udah lama ngga ketemu. Kondisi ini jadi moodbooster banget buat gue disaat semuanya jadi moodbreaker. Salah satu moodbreaker yang lagi ngetren di kehidupan gue sekarang adalah tugas kelompok, ulangan harian, dan juga pr. Ngga tau kenapa ini terasa berat banget di semester 4 ini. Sumpah, ngga boong. Berhubung sekarang jurusan yang gue ambil adalah yang berhubungan dg eksak, gue kudu terima resiko terhadap pilihan yang udah gue ambil. 

Gue itu suka sekaligus benci eksak. Dan rasa benci itu akan mencapai paling atas misal aja diibaratkan di gerak parabola itu ymaks (titik tertinggi) kalo udah tiba jamannya ulangan harian. Malesin.

Kali ini gue bakal mencelotehkan lebih lanjut tipe-tipe murid menjelang ulangan harian :

1.    Hopeless


Tipe murid ini nih udah bener-bener pasrah kalo udah denger kata ulangan. Rasanya kalo udah denger kata ulangan itu tiba-tiba serasa kiamat. Okesip, ini lebay. Dimungkinkan tipe murid ini udah hopelss karena emang ngga paham sama materi yang lagi dipelajari dari awal. Tapi ada kemungkinan kecil si tipe hopeless ini masih ada usahanya buat belajar ya cuma aja ngga maksimal.

Faktor-faktor yang mempengaruhi hopeless ini diantaranya karena :
-gurunya killer
-ngga suka sama gurunya
-ngga suka sama pelajarannya
-ngga paham dan ngga tau apa-apa sama materinya.

2.    Masa bodo


Tipe murid ini emang ngga mau ambil pusing. Mereka selalu berpikir kalo “Semua yang ada di dunia ini itu bukan untuk dipikir melainkan untuk dilakukan”. Buat mereka yang termasuk dalam tipe ini memang mirip mirip sama tipe hopeless cuma aja si hopeless itu masih bisa dibilang agak mendingan dari si tipe masa bodo ini.


Masa bodo disini bisa diartikan bener-bener ngga peduli kalo denger kata ulangan. Ngga bakal dibuat jadi masalah, dan beranggapan let it flow aja. sekalipun tipe ini belajar juga paling.....



3.    Forsir-an

Tipe murid ini bisa dibilang anak rajin untuk sementar dan juga termasuk dalam murid yang penakut sekaligus pemalas. Takut disini diartikan selalu panik kalo denger ulangan dan bakal was-was sama nilai yang keluar gara-gara gurunya killer dan bakalan ngga seneng kalo denger guru ngoceh gara-gara nilainya ancur lebur. Malas disini karena sebelum sebelumnya ngga peduli sama materi yang lagi dipelajarin.

4.    Nyante

Gue ngga tau nih ya, maksud kata ‘nyante’ disini. Tapi berhubung tadi bahasnya yang jelek mulu jadi yang gue maksud nyante ini adalah buat tipe orang cerdas, yaa sebelas dua belas sama yang lagi nulis tulisan ini.

Orang tipe ini selalu belajar tiap hari, berusaha buat ngulang materi waktu di rumah habis pulang sekolah. Tjakep emang. Walaupun cuma mahamin materi yang tadi dibahas di sekolah, tapi khasiatnya manjur. Terbukti kalau kita sering-sering belajar ngulang materi yang di sekolah dibahas bakal selalu inget dan paham tentang materi itu. Apa lagi nek ditambah baca-baca materi yang bakalan dibahas (baca: bab selanjutnya) sama guru.

Emang sih itu cara belajarnya orang jadul dimana udah jadi kebiasaan setiap hari, dan gue yakin kalo kalian disuruh belajar macem kayak gini juga bakalan bertahan satu atau dua hari doang. Karena gue pernah ngerasainnya.


Nah, kesimpulannya murid tipe ini tuh selalu percaya diri kalo udah memasuki masa-masa menyeramkan. Ulangan harian. Kenapa? Karena murid tipe ini udah sering belajar. Dan udah ngga kenal kata ‘haus’ buat belajar.

Oke, dari celotehan di atas. Jujur aja, semua udah gue alamin dan itu semua tergantung sama mata pelajarannya. Kalo bener-bener malesin yaaaa gitu. Kalo bener-bener bikin niat yaa gitu. Bagaimana sama kalian? Share di comment box yaa! :3

20 comments:

  1. gue kayaknya gabungan tipe masa bodo sama nyante ._.

    ReplyDelete
  2. Gue adalah tipe yang paling semangat kalo ada ulangan. Tapi disini nggak ada. Hehe.

    ReplyDelete
  3. Kalau soalnya gampang sih semangat, tapi kalau lihat soalnya sulit ya ... hopeless :|

    ReplyDelete
  4. sip, cakep. Tapi gue tipenya agresif, yaitu menentang adanya ulangan harian -____-

    ReplyDelete
  5. setelah melihat postingan anda , dalam 14 minggu pinggang saya sembuh ..terima kasih delsi. hahahaha

    ReplyDelete
  6. Gue pernah ngalamin semuanya nihhhh tergantung gurunya cakep apa enggak. Kalo cakep ya semangat kalo nggak yaudah *HAHAHA GUE BOHONG DENG*. Ehem serius nih. Gue sih tergantung mood. Kalo mood oke ya semuanya jadi oke, termasuk dalam hal ngadepin ulangan.

    ReplyDelete
  7. Fajrin : yaa gapapa lah. paling ngga ada usaha dikit ._.

    ReplyDelete
  8. Allan : wah, percaya deh yang seneng kalo ada ulangan :P gue mah antara suka ngga suka sama ulangan --"

    ReplyDelete
  9. Andrea : nah kaan. apalagi kalo ulangan yang berhubungan sama apalan. mana yang diapalin mana yang keluar -_-

    ReplyDelete
  10. Vebri : masalahnya sih, ini gue ngga bahas tipe murid kalo denger kata ulangan .-. wkwk tapi gue juga gitu kok, agresif kalo udah masuk masa-masa ulangan. pff

    ReplyDelete
  11. Gustian : Aduh, maaf ya gue ngga paham nih. maklum ya, gue lagi error--

    ReplyDelete
  12. Nta : okesip sebenernya gue setuju sama pernyataan pertama lo. tapi karena lo boong ya udah wks. gue juga gitu kok, kalo lagi mood rusak apalagi lagi banyak masalah jadi susah buat fokus buat ulangannya :v

    ReplyDelete
  13. Masalah yang mana dulu nih? susah move on? hahaha

    ReplyDelete
  14. Nta : kampreeeet. sok tau lo nta --"

    ReplyDelete
  15. Dulu gue gitu, tapi sekarang lebih ke semangat :D

    ReplyDelete
  16. 'Penelitiannya' berapa lama nih? hehe
    BTW, no 2 gue banget tuh. Gue tipe orang yang jarang mikir serius buat ujian, kecuali bener2 penting yang 'menentukan' kelangsungan hidup :D

    ReplyDelete
  17. haha, penelitiannya cuma sekejap mata doang :3
    waah, selamat ya (?) berarti lo termasuk orang yang nyante wkwk. ya bisa lah tipsnyaa :D

    ReplyDelete
  18. Kalau saya ada di bagian tiga dan terakhir. tapi kata "penakut"nya saja, jadi sekalipun menguasai tetap saja menghadapi ujiannya dredeg sekali, hhaaha. memang dari sejak SD sudah gitu, bahkan kalau ada PR gak bisa cuek yang kayak "ah, gampang kerjakan di sekolah", gak bisa, jadi harus selesai (kok jadi bahas PR yak). dan memang benar mbak, kalau termasuk "nyantai" yang sering mengulang materi sepulang sekolah. yah, meski butuh kesabaran meluangkan waktu, pikiran, tenaga untuk belajar, tapi pengaruhnya besar sekali dalam pemahaman materi, sebanding. hhe..

    ReplyDelete
  19. haha, sama deh semuanya sama aku. iya, itu ilmu bagi waktu buat ngulang materi aku dapet dari guru kimia yang kebiasaan waktu sekolah juga kayak gitu.

    ReplyDelete

Hai, pembaca! Terimakasih udah berkunjung ke blog ini dan berminat buat baca postingannya. Demi kesejahteraan bersama, alangkah baiknya kalo kalian meninggalkan jejak, berupa komentar. Karena komentar kalian bagaikan nutrisi untuk penulis. Mohon untuk berkomentar dengan seperlunya saja. Sekian.

Salam,

Delsi Ulfayani