Membantu itu Indah

“Lihatlah dan bukalah mata hatimu. Melihatnya lemah terluka. Namun semangatnya takkan pernah pudar. Hingga tuhan kan berikan jalan…

Beberapa waktu lalu gue log-in akun Facebook, ada salah satu kenalan gue yang nge-share sebuah link yang menuju sebuah thread di kaskus. Dengan sengaja, gue buka itu link. Gue liat spoiler-spoilernya. Gue speechles. Hingga akhirnya lahirnya postingan ini.

Nah, gue yakin sama cuplikan lagu di atas pasti banyak yang tau. Apalagi sama acara tv yang soundtracknya pake lagu itu. Acara dimana kita bisa liat sisi gelap kehidupan di luar sana yang tentunya penuh duka cita.

“Nggak tega liatnya.” itu kata-kata yang gue ucapin kalo keluarga di rumah lagi nonton acara itu. Gue langsung cabut ke kamar. Iya, gue suka ngga tegaan kalo liat kesusahan orang lain. Mau bantu, tapi ya gimana? orang gue juga lagi cari makna yang sesungguhnya tentang ‘membantu’nya itu. Saat itu gue mikir  “Apa membantu harus dengan uang?” “Apa dengan uang bisa memberikan ‘kebahagiaan?” “Apa semua harus dengan uang?” yaa, entahlah. Jaman sekarang emang, uang udah jadi rajanya.



Kita tau dari tayangan beberapa acara di tv yang mengangkat sisi gelap kehidupan itu, bahwa bukan hanya segelintir orang di luar sana yang rela kerja apa aja buat bisa mempertahankan kelangsungan hidupnya. Bahkan beberapa diantaranya adalah orang sepuh. Iya, rela kerja apa aja buat dapet uang. Yang ada di benak mereka pasti, “setidaknya ada usaha untuk mendapatkan uang” berbeda dengan banyaknya oknum sekarang yang hanya minta-minta padahal dilihat dari umur, masih terbilang cukup untuk berkerja lebih keras lagi.

Pastilah kita pernah liat orang sepuh di sekitar lingkungan kita berjualan. Dan kalo gue liat orang-orang sepuh gue jadi inget kakek nenek gue yang udah dipanggil Tuhan T-T huaaaa. Nah kalo gue liat, ada orang sepuh yang biasanya jual kerupuk, buah-buahan, rujak, sapu, kemonceng, topi, tali sepatu, dll.







Dan, baru-baru ini gue tau ada orang sepuh yang jualan amplop.




Kalo secara logika, jaman sekarang kayak gini amplop udah ngga banyak dicari sama orang-orang. Yaa, karena teknologi yang semakin canggih udah memungkinkan orang-orang ngirim file atau dokumen dalam bentuk surat eklekronik, seperti pada email, ipad, blackberry, android, dll. Tapi karena faktor usia, bisa aja kakek itu belum sadar akan perkembangan teknologi yang membuat amplop itu jarang dipake.

Gue sendiri kalo liat peristiwa kayak gini pasti ngerasa iba, dan bakal ada niatan buat ngebeli semua barang dagangannya walau gue ngga butuh-butuh banget dan gue pikir dengan gitu mereka jadi ada semangat buat melangsungkan hidup tanpa harus merepotkan anak-anaknya ataupun oran lain.

Dan kalo pun gue beli, gue ngga bakal nawar dan kalo ada kembaliannya pula gue pasti minta biar disimpen aja. Gue yakin, kalo mereka jualan mereka ngga bakal mikir keuntungan yang bakal didapet.

Alangkah baiknya, menurut gue kalo misal kita mau bantu bukan cuma lewat uang aja, tapi bantu buat beli barang dagangan mereka walau harganya mungkin lebih sedikit mahal atau kita tidak benar-benar membutuhkannya. Sesungguhnya membantu itu indah



Thanks to :


10 comments:

  1. gua juga ga tegaan ngeliat orang tua yang jualan gitu, lebih baik mereka daripada anak muda/ibu ibu yang kerjanya hanya meminta-minta di lampu merah

    ReplyDelete
  2. nah, iya mereka-mereka yang kerja itu masih ada usaha buat dapet uang ya walaupun yang ngga masuk akal. gue sendiri aja males kalo ada anak muda/ibu2 yang masih sehat, kuat tapi cuma bisa minta-minta aja.

    ReplyDelete
  3. Rasanya pengen banget ngasih duit banyak ke sesepuh yang bekerja keras nyari duit walaupun usianya udah tuaa, tapi sayang duit gua kepalak duluan sama orang yang gak tau diri minta2,... yang jelas artikel lu keren,ngingetin gua sama buyut di kampung haha

    ReplyDelete
  4. ada di daerah gue... dia jualan kue tradisional yg udah ga keliatan di jaman sekarang... sebagai anak muda yg iba, tentu gue ngerasa harus beli... tapi dia bilang gini,

    'dek, kalo belinya karena kasian mending ga usah, dari dulu bibi jualan kue, bukan jualan kasian. Kalo ga enak bilang ya.'

    kuenya enak, ga tau karena lidah gue mati dibunuh hati, atau karena hal lain. Tapi, waktu gue nungguin bibi itu lewat esok harinya, eh nggak ada.... padahal kan mau beli lagi... yah, senoga orang2 yg tetap mencari rizki halal sepertinya dalam usia senjanya dilimpahi berkah ama Tuhan...

    ReplyDelete
  5. kak Fahmi: kirain kepalak preman, taunya orang yang ngemis toh. iya gue juga selalu ngerasa pengen banget ngasih duit tapi bukan karena iba doang, itu karena mbantu sama ngasih semangat aja sih biar bisa tetep jualan. haha makasih, lu juga lebih keren kok.

    ReplyDelete
  6. kak Haw : nah gue juga pernah tuh kak dibilangin gitu. kalo gue boleh jujur gue beli karena iba sih tapi rasanya ngga enak ati kalo jujur kaya gitu sama orang yang jualan. akhirnya gue cuma manggut-manggut aja.
    lah terus sampe skarang juga belum muncul? duh gue doain semoga cepet ketemu sama beliau deh kak.
    iya, aamiin ^^

    ReplyDelete
  7. Dengan dagangan seadanya, mereka kerja untuk bangun mimpi sebisanya. Di tiap dagangan ada harap untuk masa depan untuk anak-anaknya. Gulungan uang kertasnya bisa lusuh kumal tapi ketangguhannya mempesona. Pagi masih gelap tapi senyum mereka sudah cerah. Nenek usia 90 tahunan yg sudah keriput total. bukti nyata bahwa penduduk nusantara ini ulet, tangguh, kerja keras.
    Mereka tak minta macam-macam. Harapanya sederhana: “mensejahterakan semua”.

    ReplyDelete
  8. super dan menyentuh sekali komentarnya. memang sebagian orang yang berjualan seperti itu berharap dengan hasil jualannya itu. dan terkadang, orang-orang yang berjualan itu selain untuk menafkahi keluarga demi masa depan anak-anaknya, ada sebagian diantaranya yang berjualan apa adanya karena tidak ingin merepotkan anak-anaknya walaupun anak-anaknya cukup sukses. itulah kehidupan

    ReplyDelete
  9. Nice :) Sama kok aku juga sering gak tega klo liat kakek2 huhuhuh

    ReplyDelete

Hai, pembaca! Terimakasih udah berkunjung ke blog ini dan berminat buat baca postingannya. Demi kesejahteraan bersama, alangkah baiknya kalo kalian meninggalkan jejak, berupa komentar. Karena komentar kalian bagaikan nutrisi untuk penulis. Mohon untuk berkomentar dengan seperlunya saja. Sekian.

Salam,

Delsi Ulfayani