#5 JUJUR ITU PERLU


Hai, kalian! Hai, blog!


Maafin gue baru sempet ngeblog. Btw, gue habis selese UTS nih hehe. \o/

Bingung juga musti seneng apa sedih. Kayaknya sedih deh, gue nggak tega sama mata juga ati gue kalo ngeliat dan tau nilai gue yang kurang. Ya gue emang suka ngeluh nilai gue jelek, dsb tapi bukan berarti gue bego amat ya. HHHHH.

Di UTS terakhir di SMA ini gue beneran asli jujur. Nggak tengok-tengok. Nggak tanya sapa-sapa. Nggak pake HP, catetan kecil atau apalaaah. Gue cuma ngandelin otak gue, sama keajaiban dari Tuhan. Jelasnya, gue bangga. Bangga banget. Walau harus nerima nilai yang apa adanya.

Tiga tahun di SMA emang kerasa cepet banget. Banyak banget kejadian pahit yang gue liat juga rasain.  Gue cuma bisa ngungkapin lewat tulisan di blog ini, gue nggak nyaman sama apa yang gue rasain. Terutama pas ujian/tes. Gue juga bingung kudu komplain kemana. Paling juga dianggap angin lalu.

Banyak temen-temen gue yang nggak jujur waktu ujian/tes. Dan mereka-mereka yang nggak jujur dapet nilainya gede-gede semua. Gue dongkol. Iya, selama 3 tahun gue selalu dapet kelas yang ada aja penghuninya itu si pengguna ‘server‘. Gue tau mereka punya koneksi banyak. Cuma salah caranya aja dalam nggunain koneksi itu maksudnya dalam konteks kapan dan untuk apa.

Karena udah 3 tahun berpengalaman ngerasain pahitnya itu semua, gue udah kebal. Gue jadi nggak heran lagi kalo nilai-nilai mereka gede. Gue cuma bisa senyumin mereka-mereka.
Banyak temen-temen gue yang baru jadi korban dan semua keluhannya dilontarin ke gue semua. Gue merasa dewa dalam ngadepin hal ini. Hehe. Gue jadi merasa tersanjung saat ada yang bilang “Delsi dewasa banget.“ Cielah. Padahal kalo belum kenal gue, bakal ngiranya gue childish & childlike.

Gue cuma bisa ambil kesimpulan, bahwa sekarang yang namanya proses selalu nggak dianggep orang kebanyakan, justru yang sering dilirik adalah hasilnya. Tapi beda sama gue, gue selalu melihat dari proses dan nggak akan liat dari hasilnya sebelum melirik prosesnya. Karena kita tau, hasil belum bisa ada kalo nggak ada proses, kan?

Yaa semoga aja, kalian yang merasa pengguna server dan baca tulisan gue ini bisa sadar. Buat apa kalian dateng ke sekolah pagi-pagi, ikut tambahan pagi jam 6 dari rumah bahkan jam 5, dengerin ocehan guru-guru, ngerjain tugas/pr, bolak-balik ikut les bimbel, dan cuma berujung dengan tindakan menghalalkan segala cara. 

Kalian nggak bisa seegois itu, kalian nggak peduli sama temen-temen kalian yang semaleman penuh mencoba buat mahamin materi, ngerjain soal-soal, rempong tanya sana-sini ke anak yang pinter eh taunya dapet nilai yang kurang bahkan jauh dari ‘kalian’. Sakitnya tuh di sini. Iya, di sini! *tunjuk otak kemudian hati*

Karena banyak yang ngeluh ke gue, gue cuma bisa nenangin doang. Gue bilang gini.

“Sedih? Iya, emang. Tapi mau sampe kapan mau sedih? Sampe kapan mau berlarut-larut sama kesedihan? Coba liat, masih ada waktu sama kesempatan lain buat memperbaiki diri. Kesel? Iya, banget. Tapi pikir deh, masa iya mau kesel mulu? Ngapain ngurusin idup orang lain. Nggak penting. Hidup gue, hidup gue. Hidup mereka, hidup mereka. Mending nih ya, mikir gimana caranya biar diri sendiri juga nggak ikut terjebak kayak mereka dan gimana caranya biar diri sendiri lebih baik juga maju dari saat ini. Tuhan itu maha adil, kan? Tuhan nggak tidur, kan? Tuhan pasti punya rencana spesial buat hambanya yang jujur. Btw, lo tau arti semua ini nggak? Ini artinya Tuhan sayang sama kita. Tuhan lagi nguji kesabaran juga kejujuran kita. Jangan sedih! Jelek tau.”
Gue ngomong gitu nggak berarti gue tegar secara langsung. Jujur, gue nangis. Gue mikirnya dengan gue nangis semua masalah bakal hanyut dalam luapan air mata. Dan nyatanya….nggakOkesip.


Gue tau, temen-temen yang jujur ini nggak nyari nilai tapi nyari ilmu. Mereka dapet nilai bagus cuma anggep itu bonus aja. Yang penting mereka jujur dan paham sama ilmu yang mereka timba. Mereka peduli sama masa depan mereka. Jujur itu luar biasa. Nggak nyontek itu keren.

Life doesn’t get easier. You just get stronger.



Gue, Delsi Ulfayani. Sekian. Terimakasih.

4 comments:

  1. Ih, keren..... tampilan barunya... :) tapi Dels.... itu, warna fontnya, burem. jadi susah dibaca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh iya kak. Pas mau utak-atik lagi bingung mau ngapain lagi, malah jadinya tombol homenya rusak hihi. Parah abis. Dan gue lupa sama warna fontnyaaa. Nanti gue ubah dah. Makasih koreksinya, kak! 😂

      Delete
  2. Sebagai manusia yang baik, kejujuran adalah sikap yang perlu diperhatikan :)

    www.fikrimaulanaa.com

    ReplyDelete

Hai, pembaca! Terimakasih udah berkunjung ke blog ini dan berminat buat baca postingannya. Demi kesejahteraan bersama, alangkah baiknya kalo kalian meninggalkan jejak, berupa komentar. Karena komentar kalian bagaikan nutrisi untuk penulis. Mohon untuk berkomentar dengan seperlunya saja. Sekian.

Salam,

Delsi Ulfayani