#8 H-27 UNO



Dua puluh Tujuh. Yak. Dua puluh Tujuh hari lagi gue bakal ngejalanin UN. Iya UN. Ujian Nasional. Kenapa judulnya gue namain UNO? Itu karena, gue pengin main UNO. Gilak udah lama gue nggak main UNO. Terakhir kali main kira-kira kelas XI kemarin, bisa-bisanya UNO waktu itu ngeksis banget di satu angkatan itu. Bukan UNO doang sih, pokoknya sampe berbagai macam permainan kartu.

Buset, sebenernya bukan itu. Ngawur banget gue. Ya maklumi aja ya, otak udah agak gesrek gegara overdosis belajar. Oke, jadi beberapa sekolah di kota yang gue tinggalin sekarang emang ada perbedaan. Dan perbedaan itulah yang akan membuat indah pada waktunya saat kita bersama dengan orang yang kita kasihi dan sayangi. Dan salah satu yang membedakan sekolah (SMA) gue dengan sekolah lainnya adalah pelaksanaan UN tahun ini.

Lo semua pasti udah tau program terbaru dari Kemendikbud tentang sistem UN CBT (Computer Based Test) 2015. Sebenernya sih, denger-denger sistem ini udah digunakan waktu UN tahun lalu (2014) dan sampe akhirnya tahun ini diperluas lagi dengan memilih sekolah-sekolah piloting atau sekolah perintis atau bahasa gampangnya sekolah yang fasilitasnya memadai. Kemendikbud juga udah milih 862 SMA/SMK sebagai sekolah perintis CBT untuk diverifikasi kesiapannya sama dinas pendidikan provinsi. Dan sekolah gue adalah 1 diantara 862 sekolah lainnya. Alhamdulillah.


Nah, apa sih yang bikin sekolah perintis itu bisa ikutan UN CBT? Itu karena sekolah-sekolah perintis itu udah menuhin persyaratan yang salah satunya itu ketersediaan komputer. Rasio minimal antara jumlah komputer dengan jumlah siswa peserta UN adalah 1:3. Jadi misal ada 12o siswa jadi paling nggak ada 40 komputer. Gitu.

Btw, dari tadi gue ngomongin UN CBT. Tapi kagak ngasih tau apa itu CBT. Jadi, CBT itu kayak tes yang pake komputer, dengan jumlah butir soal tertentu (fixed length), dan penyekoran dilakukan secara otomatis oleh computer.

Alternatif sistem CBT ini ada 3 macem,
1.    Offline          : Program aplikasi diinstall dan dijalankan di sekolah
2.    Semi On-line  : Program aplikasi diaktifasi secara online dari pusat ke server Sekolah
3.    Online          : Program aplikasi online terpusat di Kemendikbud, Jakarta

Tapi gue kagak ngarti yang nanti bakal dilakuin sistem CBT macem yang mana, tapi temen-temen pada nyangkanya Online, padahal kemungkinannya Offline atau Semi On-line. Jadi munculah istilah Ujian Nasional Online (UNO). Maksa emang.

Awal gue sama temen-temen tau kalo angkatan kita bakal ngelakuin UN CBT ini tentunya kita kaget. Banyak pertanyaan yang ada di pikiran kita, karena ya itu. UN tahun ini beda sama tahun-tahun sebelumnya, yang kita nggak tau apa aja pengalaman ngelakuin UN CBT.

Kata wali kelas gue, sekolah yang dipilih di kota gue itu sekolah yang ex-RSBI. Tapi ada satu sekolah yang menyatakan mundur dari keputusan itu. Ya kata wali kelas gue, ini semacam tantangan baru yang seharusnya nggak kita lepasin gitu aja. Kalo mau maju ya kita harus lewatin tantangan itu. Akhirnya, sekolah gue memutuskan buat setuju berpartisipasi di UN CBT.

Pikiran-pikiran negative kita seakan-akan hilang pas denger wali kelas gue ngomong gitu. Iya, dalam hidup kalo kita menghindar dari tantangan gimana kita mau maju buat tetep bertahan hidup?

Trus, apa sih yang gue senengin dari penerapan UN CBT ini?

Yang pertama, tiap hari mapelnya cuma satu. He he he.



Bayangin aja, dari latihan UN sebelum-sebelumnya, pas gue belajar gue selalu memprioritaskan salah satu mapel dari dua mapel yang bakal diuji di hari yang sama. Iya, gue jadi bertingkah kagak adil gini. Contohnya aja, hari pertama ada B.Indonesia sama Biologi, otomatis gue lebih belajar mapel Biologi ketimbang B.Indonesia. Begitu juga, pas Mat-Kimia, sama B.Inggris-Fisika. Nah, kalo tiap hari pas UN cuma satu mapel gue bisa belajar fokus satu mapel aja.

Yang kedua, pake computer.
Gue kadang ngerasa lelah, pas mbunder-bunderin LJK pas latihan UN kemaren-kemaren. Kadang keluar dari lingkaran trus gue hapus gue bunderin lagi trus pas gue teliti lagi ternyata jawaban gue salah akhirnya gue hapus trus gue bunderin lagi dan ternyata keluar dari lingkaran lagi trus gue hapus lagi trus sampe Aurora muncul di Indonesia.

Dan nggak cuma itu aja yang gue senengin, ya pokoknya adalah keuntungan tertentu kalo sekolah gue ikut UN CBT ini, kayak yang wali kelas gue omongin waktu itu haha.

Trus yang gue nggak suka dari penyelenggaran UN CBT ini?

Yang pertama, UN nya jadi maju seminggu. Yang tadinya tanggal 13 April jadi tanggal 7 April. Yang mana, persiapan gue sama temen-temen sekolah gue kudu dipercepat.

Yang kedua, UN nya jadi lama. Berhubung UN CBT satu mapel satu hari, jadilah kita UN 6 hari. Sedangkan UN PBT (Paper Based Test) cuma 3 hari udah kelar.

Yang ketiga, pake komputer. Selain ada senengnya, pake komputer gini ada dukanya. Mata gue nggak kuat, kalo liat layar komputer buat mantengin soal-soal apalagi pelajaran eksak macem matematika atau fisika. Ye!

Yang keempat, UN nya pake shift-shift-an. Udah kayak dokter magang aja, pake shift-shift-an. Iya UN CBT ini pake sistem shift. Jadi, satu hari itu bakal ada 3 shift.
Shift pertama jam 07.30-09.30
Shift kedua jam 10.30-12.30
Shift ketiga jam 14.00-16.00
Gue nggak paham pembagian shift, karena belum ada tambahan pengumuman lagi. Gue nggak bisa bayangin kalo dapet shift ketiga, UN siang-siang sampe sore yang mana kinerja berpikir otaknya tidak semaksimal dengan kinerja berpikir otak saat pagi hari. I believe that. Really.

Yang kelima, ke-ter-tidak-duga-an terjadi. Gue nggak berharap UN nya nanti nggak bakal ada ketertidakdugaan datang. Entah tiba-tiba ada pemadaman listrik bergilir, server-nya error, atau software yang kita pake tiba-tiba Not Responding. Tapi ya jangan sampe kejadian lah. Semoga Tuhan, jadikan langkah awal ini sebagai langkah pijakan yang mudah untuk berlari ke depan. Aamiin. Wallahualam.

Okeeh. Walau keliatannya, yang gue sharing banyak nggak sukanya tapi sesungguhnya gue lebih tergiur dengan sukanya penyelenggaraan UN CBT ini. Cuma gue nggak mau terlihat gagah aja di hadapan (sekolah) yang lain dengan beberapa nggak enaknya sesuatu hal yang akan dihadapi.

Btw, tulisan ini gue tulis bukan bermaksud menyombongkan diri. Sekali lagi gue balik ke prinsip awal nge-blog gue yaitu sharing apa aja apa yang udah gue lihat, dengar, rasain, dan kejadian di kehidupan gue. Intinya sih bagi-bagi pengalaman maupun pengetahuan. Selain itu juga, buat tulisan kenangan waktu gue SMA ini hehe. Ye!

Update 22 Maret 2015 : (18/2) Dari twitter @Kemendikbud_RI ternyata ada info terbaru, bahwa untuk UN CBT SMA harinya dimundurin, jadi bebarengan sama UN PBT.



Gue, Delsi Ulfayani. Sekian. Terima kasih.



4 comments:

  1. Gak keliatan nyombong ko, Dels. Biasa aja. Yaudah, semoga UN nya lancar dan dapet hasil yang memuaskan yak. :D

    ReplyDelete

Hai, pembaca! Terimakasih udah berkunjung ke blog ini dan berminat buat baca postingannya. Demi kesejahteraan bersama, alangkah baiknya kalo kalian meninggalkan jejak, berupa komentar. Karena komentar kalian bagaikan nutrisi untuk penulis. Mohon untuk berkomentar dengan seperlunya saja. Sekian.

Salam,

Delsi Ulfayani